Selasa, 12 Juni 2012

Keajaiban Pikiran



Ada satu prinsip tentang pikiran yaitu “Bila Anda pikir Anda bisa, maka Anda bisa…tetapi bila Anda pikir Anda tidak bisa, maka Anda tidak bisa.”

Dulu, ada seseorang yang mengatakan bahwa dia bisa menyekolahkan anak-anaknya sampai perguruan tinggi, padahal dia hanya seorang buruh dengan gaji yang sangat pas-pasan. Sementara ada orang yang seprofesi dengannya mengatakan tidak bisa. Setelah sekian tahun pemikiran orang tersebut terbukti. Orang yang mengatakan bisa, akhirnya berhasil menyekolahkan 3 dari 4 orang anaknya ke perguruan tinggi. Sementara orang yang mengatakan tidak bisa, tak satupun dari anaknya mengenyam bangku perguruan tinggi.

Untuk memahami prinsip utama pemikiran ini, ada beberapa poin yang harus kita pahami. Antara lain:

· Anda memiliki kemampuan belajar. Jadi apabila saat ini Anda tidak bisa, setelah Anda belajar maka Anda akan bisa.

· Anda perlu memperluas wawasan, sebab seringkali sesuatu yang kita anggap sulit disebabkan karena kita tidak memiliki wawasan tentangnya.

· Suatu pekerjaan atau keterampilan yang dilakukan dengan sangat baik oleh orang lain biasanya hasil dari belajar atau latihan keras dan/atau lama. Jika Anda telah mencoba tetapi belum bisa, mungkin saja Anda perlu belajar dan berlatih lagi.

· Sering kali sesuatu yang kita anggap mustahil ternyata bisa dilakukan oleh orang lain.

· Banyak hal yang kita anggap tidak bisa karena kita belum pernah mencobanya.

· Masalah citra diri, sering kali anggapan kita terhadap diri kita di bawah kemampuan kita sebenarnya. Inilah keajaiban pikiran. Jika kita mengubah cara berpikir, maka kehidupan kita pun akan berubah. Jika pikiran berubah ke arah yang positif, maka kehidupan akan menuju ke arah positif pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar